HELLO!

WELCOME to my Blog :)

Enjoyed!

Wednesday, November 21, 2012

Trik Menjadi Manusia Berkarakter (BI SS 2012)

Apa sih manusia yang berkarakter itu? Seperti apa dan untuk apa kita menjadi manusia yang berkarakter?
Karakter adalah rangkaian tindakan yang terjadi secara spontan karena sudah tertanam dalam pikiran dan disebut dengan kebiasaan.Jadi, manusia berkarakter itu maksudnya adalah manusia yang memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik, baik dalam hal bersosialisasi (softskill) maupun dalam hal knowledge (hardskill).

Menjadi manusia yang berkarakter itu sangat penting untuk membentuk pribadi yang menyenangkan dan berkomitmen tinggi. Modal-modal seperti inilah yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja nanti. Banyak orang yang gagal mendapatkan pekerjaannya pada sesi interview, dikarenakan kebanyakan dari mereka tidak memiliki kemampuan bersosialisasi (softskill) yang tinggi.

Menurut survei di Amerika terhadap para pengusaha-pengusaha besar, terdapat 6 kendala yang dialami pada saat interview. Rata-rata orang yang lulus pada test tertulis, tidak lulus saat interview karena 6 hal dibawah ini :

1. Conflict Resolution
     adalah kemampuan untuk mengatasi konflik-konflik yang akan terjadi nantinya. Bagaimana pribadi manusia tersebut bisa mengatasi konflik yang ada dengan cara yang positif. Biasanya sifat seperti ini akan tertanam dengan sendirinya jika kita terbiasa menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu,biasanya sifat ini biasanya terdapat pada seorang anak sulung.

2. Teamwork and Colaboration
    Kemampuan bekerjasama dengan team sangat penting dalam dunia kerja. Orang yang hanya bisa bekerja sendiri biasanya akan sulit untuk mencapai pencapaian yang tinggi.

3. Communication
    Kemampuan berkomunikasi yang baik agar lawan bicara kita mengerti apa yang ingin kita sampaikan bisa dilatih dengan cara sering berkomunikasi dengan orang-orang baru. Selain menambah wawasan pergaulan, juga mengetaui bagaimana kita harus berkomunikasi dengan orang-orang baru tanpa harus menyinggung perasaannya. Setiap orang bisa memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan latihan.

4. Adaptibility
    Kemampuan beradaptasi juga merupakan faktor penting. Bagaimana cara kita menghadapi lingkungan baru agar bisa diterima bahkan disukai oleh lingkungan sekitar. Jika kita memiliki kemampuan bersosialisasi yang bagus, maka akan memudahkan kita dalam hal apapun, karena memiliki banyak link sosialisasi.

5. ProblemSolving
   Kemampuan memecahkan masalah. Ini biasanya dimiliki oleh seorang manager, yang tugasnya mengambil keputusan dan memecahkan masalah.

6. Critical Observation
   Yaitu kemampuan untuk mengobservasi suatu kritikan yang kita dapatkan. Kemampuan utuk menerima segala kritikan yang ada dan menjadikan itu sebuah hal yang positif.

No comments:

Post a Comment